Era Digital membuka lebar peluang karier bagi Millennial

 

Invasi dari internet kian membesar setiap harinya. Sama halnya dengan era digital media modern. Era digital ini sangatlah bergantung pada keberadaan internet sebagai sumber daya utamanya. Ditambah dengan pengguna internet aktif yang sudah mencapai angka 256,2 juta jiwa pada akhir 2017 lalu. Membuktikan bahwa internet dan dunia digital sedang menduduki peringkat atas dalam daftar kebutuhan masyarakat modern.

 

Internet tak hanya memberikan pengaruh kepada segala kemudahan, tetapi nyatanya internet dengan keberadaan digital media didalamnya juga memberikan kesempatan untuk kaum millennial mendapatkan karier yang menjanjikan. Berikut beberapa refrensi pekerjaan bagi kalian yang mengaku pecinta kreatifitas dan teknologi.

 

  1. Graphic Designer

Profesi sebagai graphic designer tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Bahkan hampir setiap perusahaan membutuhkan seorang graphic designer didalamnya. Pekerjaan yang satu ini sangatlah cocok untuk pecinta seni dan teknologi. Biasanya seorang graphic designer akan menggunakan software seperti Adobe Illustrator, Photoshop atau Corel Draw.

 

  1. Web Developer

Kita pasti sudah sering mendengar tentang website. Sebuah situs dimana terdapat banyak informasi, hiburan ataupun produk dagangan. Kemahiran dalam mengelola dan menyulap web menjadi laman yang interaktif dan kreatif rupanya juga sedang banyak dibutuhkan terutama untuk perusahaan-perusahaan yang ingin melebarkan sayapnya ke dunia digital. Pekerjaan sebagai web developer ini cukup menggiurkan bukan?

 

  1. Freelance Writer

Freelance writer atau penulis lepas adalah salah satu pekerjaan menyenangkan yang cukup banyak dicari oleh kaum millennial. Menjamurnya keberadaan website menyebabkan permintaan terhadap artikel online makin meningkat. Disinilah letak peluang bagi kalian yang gemar menulis dan menggali informasi. Apalagi sebagai freelancer, kalian bebas menentukan waktu kerjanya. Asal tetap sesuai dengan deadline ya.

 

  1. Blogger / Vlogger

Siapa sih yang tidak tahu akan profesi yang sedang booming ini? Ya, keberadaan blogger maupun vlogger di dunia digital terus bertambah. Mereka terbagi dalam konten-konten berbeda yang memiliki kreatifitas dan keunikan tersendiri. Misalnya saja travel blogger, beauty vlogger dan lain sebagainya. Buat kalian yang doyan eksis di dunia penulisan atau videografi bisa dicoba jadi blogger ataupun vlogger. Cukup menjanjikan kok kalau bisa konsisten dan membahas konten yang berkualitas.

 

  1. SEO Specialist

Search Engine Optimization atau sering disebut SEO pun pada dunia digital dapat dijadikan satu area mencari pendapatan. Yaitu dengan menjadi seorang SEO specialist. Peran seorang SEO specialist dalam pembentukan marketing strategy  dalam sebuah perusahaan. Bertugas meoptimalisasikan fungsi SEO, posisi ini sangat pas dengan orang-orang yang lahir di era digital modern.

 

  1. Animator

Jika mengintip beberapa konten di YouTube, kita bisa menemukan banyak mini serial animasi yang berkualitas, disamping itu, banyak juga instansi pemerintah yang mencari bakat animator untuk membuat konten animasi. Bayarannya pun tidak tanggung-tanggung. Meski begitu, butuh ketelitian dan kerja keras untuk menjadi seorang animator yang profesional. Kalau kalian millennial yang hobi menggambar, kembangkan dengan bantuan teknologi agar bisa menjadi sebuah gambar animasi yang bernilai tinggi.

 

Kita berada di masa yang dipengaruhi besar oleh keberadaan teknologi digital. Jangan batasi diri untuk berkarya tanpa batas dan membagikannya ke seluruh dunia. Terkhusus bagi generasi Y dan Z, sudah saatnya menghadirkan kesuksesan kalian lewat masa digitalisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *